Minggu, Juli 15, 2007

Pak Polisi oh Pak Polisi

Pernah gak ngeliat cowo2 berperut buncit berpakaian ketat warna coklat dengan sepatu boot dan kacamata hitam sambil ngempengin peluit di persimpangan2 jalan protokol di Jakarta tercinta ini? Yang kadang juga ngumpet di rimbunnya pohon dan kemudian "HOLAA..." loncat dengan lincahnya manakala ada pengendara yang ketauan salah belok atau ngelanggar lampu lalu lintas? G sering banget tuh, tapi baru seumur hidup hanya dalam hitungan 2 minggu g udah 2 kali ‘bercengkerama’ bareng mereka, sambil ngedumel dalam hati menyesali kebodohan g karena cuek ama lampu dan rambu lalu lintas. Yang paling gress baru aja kejadian seminggu yang lalu.

3 Februari
Berhubung tgl 4 Februari itu g mesti ke rumah Mike dan ternyata g lupa2 inget jalan ke rumahnya, g putuskan untuk survey jalan ke sana. Jangan sampe besok tuh nyasar. Kebetulan Sabtu itu kaga ngapel, karena akses jalan ke Cengkareng terputus, gara2 banjir gede. Huuhuuu… Seperti biasa g ditemenin ama si Homa (panggilan sayang Honda Primanya bokap, hehehe…). Dari Cideng menuju rumah Mike, g putuskan untuk lewat Thamrin aja, keknya daerah sana tuh bebas banjir. Oleh karena itu g lewat Budi Kemuliaan yang ujungnya itu di bunderan yang ada patung kuda. Nah, karena pengen cepet2 sampe, g maen belok aja di bunderan itu menuju Jl Thamrin. Sebenarnya sih ngeh dengan segerombolan buntelan berwarna coklat yang ada di bunderan, tapi namanya juga udah cuek dan yakin gak ada rambu yang melarang belok kanan, makanya g belok aja. Eh bener aja… 1 dari 5 buntelan coklat itu menghadang dan nyuruh ke pinggir. Percakapan berikut adalah sangat khas dan ditemui di hampir setiap kasus tilang.

Buntelan I : “Selamat siang. Tau gak itu gak boleh langsung belok kanan?”
Gue : “Wah, gak tau, Pak.” (iyaa atuh, kalo tau mah pasti gak bakal belok)
Buntelan I : “Kalo mo ke arah Thamrin harus muter di depan. Minggu aja gak boleh belok.” (nah, ini boong banget, karena setelah jam 19 dan hari libur tuh boleh langsung belok)
Gue : “Ooo… Gitu yah, Pak?”
Buntelan I : “Tolong surat2nya.”
Gue : “Sebentar yah, Pak, saya pinggirin motor dulu. (posisi Homa agak2 ke tengah jalan). Ini surat2nya, Pak.”
Setelah itu g diajak ke dalam Pos.
Buntelan I : “Masuk aja ke dalam.”
Gue : “Gak usah, Pak, di luar aja.”
Buntelan I : “Tau pengadilan Jakarta Pusat? Bisa ke sana tgl 20 nanti?”
Gue : “Iya tau. Hummm…bisa, Pak.”
Si Buntelan keliatan agak ragu2 gitu sambil keluarin blanko surat tilang yang udah agak butek dan lecek. Kalimat berikut ini udah ketebak banget, hehehe…
Buntelan I : “Bisa ke pengadilan? Atau mau dititip aja di sini?”
Gue : “Emang berapa kalo dititip di sini?”
Buntelan I : “Lima puluh ribu.”
Gue : “Ooo… Tilang aja deh, Pak.”

Si Buntelan jadi agak salah tingkah gitu karena buku tilangnya emang gak bisa diisi lagi. Kemudian dia minjem dari salah satu temennya. Setelah selesai ditulis dan g tanda tanganin tuh surat tilang, menyingkirlah g dari pos itu. Beberapa hari kemudian baru perhatiin bahwa memang ada rambu dilarang belok kanan yang ditaruh di sebelah kiri jalan. Maksudnya?!?!? Ya wis, tilang yah tilang, lagipula g emang lagi gak pengen nyogok polisi (Which I did several times before). Lagi gak rela ngasih dia duit dan emang pengen jadi warga yang baik, gak pake sogok2an, hehehe…

14 Februari
Hari Valentine nih, hehehe… Seperti biasa berangkat kantor dengan Homa. Dan kebiasaan lama terulang. G ketinggalan barang di rumah. Ini gara2 berangkat buru2 soalnya udah agak kesiangan. Dan g baru inget ketinggalan tuh barang waktu mendekati kantor. Berhubung tuh barang penting banget, akhirnya g putuskan untuk balik ke rumah sambil cari alasan keterlambatan g itu. Ahaa… kebetulan nih, g emang harus beli kertas inkjet paper di Glodok.
Setelah ngisi bensin, g pulang ke rumah sambil disambut kalimat khas nyokap, “Tuh, apa mama bilang, gak periksa dulu sih!”. Dan 45 menit kemudian g udah keluar dari Glodok sambil nenteng plastik kresek berisi 3 pak inkjet paper. Buru2 (again) ke kantor karena waktu lirik arloji udah mau jam 10.30. Wakss…kesiangan banget. Makanya seperti biasa g hajar aja lampu merah di perempatan Cideng Timur dan Ketapang. Tuh jalan emang napsuin karena termasuk sepi. G yang dari arah Ketapang selalu tergoda untuk langsung belok kiri. Lagipula kan banyak persimpangan yang memperbolehkan kiri belok langsung. Berbekal keyakinan gak mengganggu lalu lintas koq kalo g langsung belok, makanya g nekat langsung belok. Walah… baru sadar kalo dari kejauhan udah nongkrong segerombolan buntelan coklat. Ohhh no!!! Not again!!!

Buntelan II : “Tau gak kalo gak boleh langsung belok?”
Gue : (pasrah) “Iya, Pak.”
Buntelan II : “Mana SIM-nya?”
Gue : (sambil malu2 ngasih surat tilang kemaren) “Adanya ini, Pak.”
Buntelan II : “Oh, belum diambil SIM-nya yah?”
Gue : “Belum, nanti tanggal 20.”
Buntelan II : “Nanti urus sekalian aja yah.”
Gue : “Wah jangan deh, Pak. Nih, saya ada duit 20 ribu. 10 ribu buat bapak, 10 ribu buat isi bensin.” (sambil kasih liat dompet yang isinya tinggal 20 ribu perak)
Buntelan II : “Ya udah. Jangan melanggar mulu.”

Huuhuuu… kecerobohan membawa sengsara. Tapi apa mau dikata, gak bisa menyesali nasib. G pulang soalnya kelupaan membawa barang penting yang nanti mau dikasih ke my honey. Kalau gak dikasih hari itu, malah jadi basi. O iya, tadi gak kepikir deh untuk nambah surat tilang lagi, pasti bakal tambah repot aja. Makanya keinginan untuk jadi warganegara yang baik g kesampingkan dulu. Seumur2 baru kali ini, kena tilang 2x hanya dalam waktu 2 minggu. Ternyata terbukti g bukan pemakai jalan yang baik, hehehe… Jadi malu…

Eniwei, g tunggu deh sampe hari pengadilan tiba. Penasaran, kek gimana sih kalo disidang gitu. Denger2 sih simpel, nanti disebutin kesalahan dan dendanya trus tinggal bayar, beres... Mungkin bakal ribet kalo mau banding. Hahaha… kamsya deh, gak kepikir sampe sana.

Hari H – The Trial Day
Jam 9 teng g udah sampe di parkiran. Di tempat parkir g ketemu seorang mas2 yang ternyata juga baru kali itu ikutan sidang tilang. Sampai di gedung pengadilan, g udah disambut oleh seorang (iya lah masa seekor) ibu2 umur 30-an berpakaian seragam pegawai pengadilan (IU30BSPP).
IU30BSPP : “Berapa nomor surat tilangnya? Coba liat.”
Gue : “Wah nomor berapa yah? Ini suratnya, Bu.”
IU30BSPP : “Mau diurusin? Kalo pasal ini dendanya 75ribu dan biaya administrasi 5ribu, jadinya 80ribu.”
Gue : “Wah, makasih deh, Bu. Urus sendiri aja.”

Setelah itu g meneliti daftar nomor yang ada di papan pengumuman, kali2 aja ada keterangan yang membantu. Baru aja mau liat2 lebih jelas, seorang bapak2 berpakaian preman (alias gak berseragam) menghampiri g. Kita sebut aja dia BPP.
BPP : “Mau dibantu gak? Liat deh suratnya. Gak jadi ga apa2”
Gue : (ragu2) “Ini suratnya.”
BPP : “Ya udah, 65ribu aja tau beres. Gak sampe 15 menit.”
Gue : “Gak usah deh, urus sendiri aja.”

Akhirnya g baru tau bahwa ruang sidang tuh adanya di lantai 2, dan segera aja g ke sana soalnya udah jam 9 lewat seperempat. Sesampe di ruang sidang, ternyata udah banyak ‘tersangka’ yang nunggu disidang. Ada kali 20 orang di sana. Di meja jaksa (I guess) udah ada 3 petugas yang lagi nyortir SIM para tersangka (baca: g dan teman2 senasib lain). Setelah naruh surat tilang di sana, g pun duduk dengan manis, menunggu proses sidang selanjutnya. Baru aja duduk 10 menit (di sela2 waktu itu masih sempet sms my honey, hehehe…),

Petugas : “Bapak Tomy… Bapak Maryono.”
Gue dan seorang lagi nyamperin bapak itu.
Petugas : “Berkas bapak2 gak ada di sini. Coba ke Ditlantas di MT Haryono. Mungkin masih ada di sana.”

Oalahhh… Akhirnya g dan temen baru g itu segera menuju ke Ditlantas di MT Haryono. Lumayan juga jadi nambah temen baru :-) G pun menyusuri jalan dengan kesadaran berlalu lintas yang cukup tinggi. Iya lahh… gak kapok apa, udah ditilang berkali2 gitu. Akhirnya kami sampe juga di sana dan mendapati bahwa SIM g emang ada di situ sedangkan Maryono harus ke Polda alias Komdak lagi karena SIM-nya ga ada.

Petugas : “Nanti ketemu Bapak Parwata yah di lantai 3.”
Gue : “Iya, Pak. Makasih.”

Setelah tuker2an no HP ama Maryono, g menuju ke lantai 3. O iya, Maryono ini pria lulusan STM yang tinggal di daerah Ps Minggu dan sekarang kerja di Sizzler. Doski ngaku baru kerja 3 bulan di Sizzler tapi lagi lirik2 kerjaan baru. Ok, enough with Maryono, kita sambung lagi ke cerita selanjutnya. Setelah celangak celinguk dan tanya sana sini untuk cari ruangan yang dimaksud, akhirnya ketemu juga tuh ruangan. Ketika pintu ruangan g buka, terlihat 2 sosok makhluk yang akrab banget di mata g belakangan ini. Oh no!!! Not another buntelan!!!

Parwata : “Mau ambil SIM yah? Silahkan duduk. Mana suratnya?”
Gue : “Ini, Pak.” Setelah selesai nyari dan ngasih SIM-nya ke g.
Parwata : “40 ribu yah.”
HAHHH… Cape deee…
Gue : “Loh bukan 30 ribu, Pak?” (coba nawar)
Parwata : “Gak, 40 ribu.”

Dengan berat hati, g bayar aja tuh. Sebel juga sih, ternyata buntut2nya bayar ke gerombolan buntelan ini. Tapi yah positif thinkingnya, SIM g gak dibolongin sebagai tanda g udah pernah ditilang di pengadilan. Huuhuuu… rencananya sih gak mau menambah buncit perut mereka ternyata akhirnya mereka2 juga yang menikmati. Well, ini jadi pelajaran berharga buat g untuk lebih mematuhi peraturan lalu lintas. Kalo kaga yah… siap2 repot deh kayak hari itu dan perut para polisi kita makin buncit2 aja. Pak Polisi…Oh…Pak Polisi...

Jakarta, 21 Februari 2007

Tidak ada komentar: